Kamis, 14 Mei 2009

Belajar tentang sayur-sayuran


Mulai senin 4 mei 2009, selama 1 minggu, kelas kami belajar dengan tema Vegetables ( sayur-sayuran ). Tampak pada foto ma'am Hasri sedang menjelaskan macam-macam sayuran. Hari senin, anak-anak diminta membawa segenggam kacang hijau dari rumah. Kemudian pada hari selasa kacang hijau yang terkumpul kami buat menjadi toge. Caranya, kacang hijau direndam selama semalam. Besoknya, kacang hijau tadi ditiriskan dan ditutup dengan kain basah. 2 hari kemudian toge sudah bisa dibawa pulang...Horeee....anak-anak senang sekali. Apalagi sewaktu diminta membersihkan toge. (walaupun tidak semua bisa kami bersihkan).














Toge produksi kelas kami (A5&A6)







Hari rabu (6/5) anak-anak diminta membawa satu macam sayuran dari rumah. Ada yang membawa wortel, kentang, buncis, kacang panjang, terong ungu dan terong hijau, kangkung, dan sawi hijau. Semua sayuran ini kami kumpulkan, dan kami belajar mengenal sayuran dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Kami juga belajar cara membersihkan dan memotong sayuran. ( tentu tidak memakai pisau, it could be dangerous..)













Sayur yang anak-anak bawa dari rumah dikumpulkan...






memotong kacang panjang...

















Ma'am Isna sedang mengarahkan anak-anak, bagaimana cara membersihkan sayur, mengupas wortel dengan carrot peeler.


Kamis (7/5) kami belajar memasak sop, dari sayur-sayuran yang dibawa oleh anak-anak. Kami memasak di luar kelas. Setelah ma'am Lanny dan ma'am Isna memotong-motong sayur, tibalah saat yang ditunggu tunggu...memasak. Anak-anak semua sangat antusias ingin belajar memasak.





tahap persiapan dan...masak!!








lalu makan bersama....










Naaah....ketahuan deh yang tidak suka makan sayur....
Sekarang ma'am Lanny mau bagi-bagi resep sop yang ma'am Lanny kasi nama "Sop Kelas Kami" buat mama, ibu, bunda di rumah...
Bahannya sama dengan sop sayur yang lain, kuncinya hanya di bumbu nya saja. Ma'am Isna memakai daun serai, garam dan sedikit gula...gampang ya? Mari makaaaaan...Eh ada yang nambah sampai 3 kali......


















0 komentar: